Cara Membuat Backup Data Otomatis Menggunakan Cobian Backup
Cara Membuat Backup Data By Multi Karya Service.
Pentingnya sebuah data tidak boleh dianggap remeh. Data lebih berharga dibandingkan dengan perangkatnya. Bahkan meskipun sudah tersimpan di cloud, salinannya tetap diarsipkan dengan baik diperpustakaan pribadi. Karena setiap metode penyimpanan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.
Cara Membuat Backup Data Otomatis Menggunakan Cobian Backup
Salin Dan Tempatkan File Ke Drive Yang Berbeda
Secara default windows mengarahkan tempat penyimpanan ke My Documents. Maka dari itu kita seringkali harus memindahkan lagi secara manual tempat penyimpanan ketempat yang kita inginkan. Tapi jika pemindahan dokumennya masih dalam satu drive dengan My Documents itu masih kurang aman.
Sebab jika terjadi sesuatu pada system maka data yang tersimpan didalamnya juga akan ikut rusak atau hilang jika tidak dipindahkan terlebih dahulu. Penyalinan Dokumen ke media penyimpanan diluar drive system sebenarnya bisa membantu menyelamatkan data. Tetapi para pengguna laptop dan komputer terkadang tidak sempat untuk melakukannya.
Lebih Praktis Menggunakan Cobian Backup
Kesibukan dan jadwal yang padat saat bekerja yang membuat mereka tak sempat menyalin dokumen ke tempat yang aman seperti drive yang dipartisi atau media penyimpanan eksternal seperti flashdisk. Untuk itulah pada postingan kali ini kami akan memberikan beberapa informasi mengenai Cara Membuat Backup Data Otomatis Menggunakan Cobian Backup.
Cara Membuat Backup Data Otomatis Menggunakan Cobian Backup
Pertama, Anda harus terlebih dahulu mendownload software yang bernama Cobian Backup kemudian menginstall-nya ke Laptop atau PC Anda,
Kedua, Jalankan Software Cobian Backup yang sudah terpasang di perangkat Anda,
Ketiga, Buat Project Baru dengan cara klik menu "Task" kemudian Pilih "New Task". Beri nama pada Task yang ingin dibuat misalnya Auto Backup. Setelah itu Pilih Type Backup nya yang "Full",
Keempat, Sekarang Pindah Ke Tab File yang berada tepat di bawah tab general. Anda bisa melihat dua kolom yang harus di isi yaitu kolom Source dan Destination. Source adalah sumber file yang ingin Anda backup. Destination Adalah tempat Anda akan menyimpan file,
Kelima, Pada Kolom Source klik tombol "ADD". Pilih Foder Document (atau Folder yang ingin Anda Backup). Anda dapat memilih lebih dari satu sumber.
Keenam, Pada Kolom Destination klik tombol "ADD". Pilih Folder yang dibuat khusus untuk menyimpan backup data anda. Sebaiknya gunakan Drive D: atau apa saja selain Drive C :,
Ketujuh, Sekarang pindah ke Tab Schedule. Disini Anda harus menjadwalkan kapan backup akan dijalankan. Anda bisa memilih harian, mingguan atau bulanan. Pilih saja harian dan tentukan waktunya kapan. Setelah itu klik tombol Ok,
Cara Membuat Backup Data Otomatis Menggunakan Cobian Backup
Backup Dilakukan Otomatis Sesuai Jadwal
Setelah semuanya sudah disetting dengan baik. Maka seharusnya cobian backup akan berjalan sesuai dengan jadwal. Dia bergerak dibelakang layar. Setiap hari Anda harus memastikan apakah penyalinan file sudah berjalan sesuai dengan settingan yang kita lakukan atau belum dengan cara melihat folder tujuan penyimpanan yang sudah Anda tentukan sebelumnya.
Cukup sampai disini dulu ya tips dan trik hari ini. Semoga informasi yang kami berikan mengenai cara membuat backup data otomatis menggunakan cobian backup bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Selamat mencoba.
Baca Juga : Cara Melewati Iklan Yang Muncul Saat Nonton Iflix Di Hp Android Kesayangan Anda
Posting Komentar untuk "Cara Membuat Backup Data Otomatis Menggunakan Cobian Backup"