Checkout Form Whatsapp
Data Anda
Data Lainnya
KIRIM
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Umur Harddisk /SSD Laptop dan PC Kesayangan Anda

Cara Cek Umur Harddisk /SSD Latpop dan PC By Multi Karya Service.

Harddisk merupakan salah satu hardware dari komputer yang memiliki fungsi utama sebagai penyimpanan data yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja komputer dan produktivitas penggunanya. Harddisk memiliki berbagai macam kapasitas.

Cara Cek Umur Harddisk /SSD Laptop dan PC Kesayangan Anda

Perkembangan Kapasitas Harddisk

Dahulu kapasitas harddisk hanya mencapai di satuan MB saja. Tapi sekarang sudah sangat berkembang loh. Teknologi mendorong evolusi harddisk sampai kapasitas Terrabyte. Walaupun belum banyak yang menggunakannya. Karena yang populer versi saya itu masih di ukuran 500GB.

Berbeda dengan RAM yang saya bahas diminggu lalu, Harddisk dapat menyimpan data walaupun sudah tidak ada aliran listrik. Yang terpenting adalah datanya sudah dipindahkan ke dalam harddisk, Karena jika belum hal itu percuma saja. Ketika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba data akan tetap hilang.

Cek Umur Dan Kondisinya

Sama dengan RAM, Kita juga bisa melihat kondisi harddisk loh, mulai dari suhu dan temperaturnya sampai dengan umur dari sebuah harddisk itu dapat kita ketahui keadaannya. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara cek umur harddisk /SSD Laptop.

Cara Cek Umur Harddisk /SSD Laptop dan PC Kesayarangan Anda

Cara Cek Umur Harddisk /SSD Laptop dan PC Kesayangan Anda

Caranya itu sangat mudah sekali, silahkan ikuti saja langkah demi langkahnya di bawah ini :

Pertama, silahkan download dan install aplikasi yang bernama harddisk sentinel di laptop /PC teman-teman.

Kedua, setelah terinstall silahkan langsung buka aplikasinya dengan cara double klik icon harddisk sentinel yang berada di desktop

Ketiga, jika muncul pertanyaan untuk entry registration langsung lewati saja dengan cara klik tombol "Close" yang ada disebelah kanan bawah.

Keempat, silahkan cari tulisan ”power on time”. Dari situ terlihat berapa umur harddisk yang selama ini kita gunakan.

Cara Cek Umur Harddisk /SSD Laptop dan PC Kesayarangan Anda

Cara Cek Umur Harddisk /SSD Laptop dan PC Kesayangan Anda

Lihat Juga Performanya

Selain itu kita juga dapat melihat performanya, kesehatannya, dan sisa kapasitasnya. Dengan demikian kita jadi tahu nih kapan kita harus beli harddisk yang baru dan menjual harddisk yang lama. Dengan menyertakan screenshot hasil pengecekan yang dilakukan. Kita bisa meyakinkan calon pembeli mengenai keadaan harddisk kita.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara cek umur harddisk /ssd laptop dan PC. Semoga teman-teman dapat memanfaatkan dengan sebagaimana mestinya. Sampai jumpa lagi di postingan berikutnya. Tetap semangat dan sehat terus ya.

Baca Juga : 

Cara Cek Umur Harddisk /SSD Laptop dan PC Kesayangan Anda

Posting Komentar untuk "Cara Cek Umur Harddisk /SSD Laptop dan PC Kesayangan Anda"