Checkout Form Whatsapp
Data Anda
Data Lainnya
KIRIM
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Efek Lempeng Kaca Cantik Menggunakan Adobe Photoshop

Cara Membuat Efek Lempeng Kaca Cantik.

Melihat pemandangan dari balik kaca memang mengasyikkan. Rasanya pemandangan yang Anda lihat memiliki aura tersendiri. Terlebih lagi ada efek-efek yang halus dari sifat kaca itu sendiri seperti pantulan sinar, bayangan dan banyak lagi.

Untuk melihat pemandangan dari balik kaca, Anda tidak perlu khawatir karena Photoshop membantu mewujudkannya.

Cara Membuat Efek Lempeng Kaca Cantik Menggunakan Adobe Photoshop

1. Buka Foto Anda

Cara Membuat Efek Lempeng Kaca Cantik Menggunakan Adobe Photoshop

Bukalah foto pemandangan yang ingin Anda modifikasi. Pemandangan apapun bisa digunakan, namun sebaiknya pemandangan yang digunakan adalah yang agak besar ukurannya. Jika Anda menggunakan foto berukuran kecil, maka akan susah membuat lapisan kacanya.

Bukalah foto Anda dengan cara mengklik menu File | Open. Setelah menunya muncul, bukalah folder di mana foto Anda berada, setelah itu pilih file yang ingin dibuka. Lemudian klik OK.

2. Rounded Rectangle

Cara Membuat Efek Lempeng Kaca Cantik Menggunakan Adobe Photoshop

Langkah berikutnya adalah membuat sebuah layer yang berisikan Rounded Rectangle. Rounded Rectangle merupakan sebuah bentuk persegi panjang yang tepinya berbentuk membulat.
 
Cara membuatnya adalah, klik Tombol Rounded Retangle yang ada pada toolbar sebelah kiri. Setelah itu klik dan drag-lah kursor Anda untuk membentuk sebuah persegi panjang. Setelah terbentuk dengan baik, atur posisi dan warnanya.
 
Atur posisinya dengan menggerakannya dengan mouse atau tombol panah keyboard. Untuk mengubah warnya klik gandalah layer Rounded Retangle yang berwarna, kemudian ubahlah warnanya menjadi berwarna biru terang sesuai selera Anda.

3. Rectangle Style

Cara Membuat Efek Lempeng Kaca Cantik Menggunakan Adobe Photoshop

Langkah berikutnya adalah sedikit melakukan “tuning” terhadap layer ini agar tampak berefek. Untuk melakukannya, kliklah menu Layer | Layer Syle | Blending options… Setelah menu pengaturannya muncul, centanglah parameter Drop Shadow dan aturlah parameter Size di dalamnya menjadi 13.

Kemudian centanglah tanda Inner Glow dan atur parameter Blend Mode-nya menjadi Color Dodge, Opacity-nya menjadi 30%, Color menjadi putih, dan Size-nya menjadi 45 px. 

Setelah itu, centang parameter Stroke kemudian atur parameter Size menjadi 1px dan Color menjadi Black. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan sebuah lapisan Rounded Rectangle yang lebih hidup.

Cara Membuat Efek Lempeng Kaca Cantik Menggunakan Adobe Photoshop

4. Lempengan Kaca

Setelah mendapatkan lempengan yang lebih hidup, langkah berikutnya Anda dapat membuatnya menjadi sebuah lempengan kaca yang tampak nyata. Lempengan kaca seperti Anda ketahui memiliki efek bias pada objek apapun yang berada di depannya.

Untuk itu, lapisan ini mesti dimodifikasi agar memiliki tingkat transparansi yang sesuai dengan apa yang akan ditampilkan oleh sebuah lempengan kaca.

Cara membuatnya mudah, pada bagian kanan tab Layers terdapat opsi Fill. Kurangilah nilai di dalamnya menjadi hanya sekitar 20%-0%. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan sebuah lempengan kaca yang cantik.

5. Efek Bayangan Pada Kaca

Biasanya sebuah kaca memiliki pantulan transparan yang akan menunjkkan benda-benda atau sinar di sekitarnya. Buatlah efek bayangan sederhana ini pada kaca Anda. Caranya buatlah seleksi dengan berbentuk elips.

Isilah area seleksi tersebut dengan warna putih kemudian geserlah ke area sebelah kiri dari lempengan kaca. Setelah itu tekan tombol Control + Klik kiri pada layer kaca Anda. Kemudian klik Control + Shift + I lalu tekan tombol Delete.

Maka, Anda akan melihat sebuah bentuk sederhana yang menempel pada kaca. Kemudian turunkan parameter Fill pada layer baru tadi hingga menjadi 10% saja, maka Anda akan mendapatkan bayangan putih seperti pantulan suatu benda.

6. Efek Pantulan Sinar

Satu lagi efek sederhana yang harus dilengkapi apada kaca Anda ini adalah pantulan sinar yang berasal dari matahari, seperti tampak pada kaca sesungguhnya. Untuk membuatnya amatlah mudah. Pertama buatlah sebuah layer duplikat dari foto Anda dan letakkan di atas layer aslinya.

Kemudian kliklah menu Filter | Render | Lens Flare. Setelah menu pengaturannya muncul, aturlah parameter di dalamnya. Pilihlah Lens Type menjadi 35 mm Prime, aturlah Brightness menjadi bernilai 100% dan aturlah letak pantulan sinarnya pada tepi kanan dari lempengan kaca.

Setelah selesai klik OK, maka pantulan cahaya akan terbentuk pada lempengan kaca Anda.

Cara Membuat Efek Lempeng Kaca Cantik Menggunakan Adobe Photoshop

7. Lempengan Kaca Cantik

Setelah semuanya selesai dikerjakan, maka Anda sudah mendapatkan sebuah lempengan kaca yang di dalamnya terdapat sebuat pemandangan yang berisi foto Anda. Namun, foto kali ini tampak memiliki efek lain yang lebih cantik, yaitu terlihat seperti berada di balik kaca.

Anda dapat membuat bentuk kaca-kaca ini sesuka Anda, apakah bulat, oval, persegi murni, dan banyak lagi, semua tergantung selera Anda. Efek-efek dari tepian kaca tersebut juga bisa Anda modifikasi lagi. Tentu akan sangat menarik Karena Anda bisa banyak berkreasi dengannya.

Sahabat MKS. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara membuat efek lempeng kaca cantik menggunakan Adobe Photoshop. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai jumpa lagi di postingan berikutnya.

Baca Juga : 
Cara Membuat Efek Lempeng Kaca Cantik Menggunakan Adobe Photoshop

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Efek Lempeng Kaca Cantik Menggunakan Adobe Photoshop"