Checkout Form Whatsapp
Data Anda
Data Lainnya
KIRIM
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Efek Awan Pada Foto Berlangit Besar Di Adobe Photoshop

Cara Membuat Efek Awan Pada Foto Berlangit Besar.

Mungkin Anda sering menemui sebuah fotoluar ruangan di mana bukan objek utamanya yang dominan, melainkan warna biru langit tampak jelas, bagian objek utama. Foto ini biasanya akan banyak Anda temui pada hasil jepretan para fotografer amatir.

Untuk mengakali agar langit biru tersebut tidak menjadi objek dominan, ada cara untuk menutupinya. 

Cara Membuat Efek Awan Pada Foto Berlangit Besar Di Adobe Photoshop

1. Buka Foto Dan Quick Mask

Cara Membuat Efek Awan Pada Foto Berlangit Besar Di Adobe Photoshop

Langkah pertama adalah memilih dan membuka foto outdoor Anda yang ingin diedit. Foto yang cocok untuk diberi efek ini adalah foto dengan gambar langit yang besar tanpa banyak penghalang di dalamnya.

Untuk membuka foto tersebut kliklah menu File | Open… Kemudian setelah muncul pengaturannya, pilih salah satu file foto Anda. Setelah selesai klik Open, maka foto akan terbuka. 

Setelah foto yang cocokdibuka, brilah Mask dengan fasilitas Quick mask.Caranya kliklah tombol Quick Mask yang terdapat pada toolbar sebelah kiri bawah. Setelah Quick mask diberikan maka foto Anda sudah siap untuk proses selanjutnya.

2. Beri Efek Awan

Cara Membuat Efek Awan Pada Foto Berlangit Besar Di Adobe Photoshop

Langkah berikutnya adalah memberikan efek awan pada foto ini. Efek awan ini bertujuan untuk mengisi langit biru tersebut dengan tambahan awan buatan agar langit tampak terlalu polos dengan warna yang sangat dominan.

Untuk member efek awankliklah menu Filter | Render | Clouds. Setelah selesai, maka Anda akan mendapatkan foto Anda kini sudah dilengkapi dengan sebentuk awan berwarna merah pudar pada seluruh permukaannya.

Awan berwarna merah ini merupakan efekdari Quick mask yang Anda Buat tadi.

3. Perkuat Efek Awan

Cara Membuat Efek Awan Pada Foto Berlangit Besar Di Adobe Photoshop

Selanjutnya Anda masih dapat memperkuat efek awan ini agar riak dan gumpalan awannya menjadi semakin banyak dan kacau, seperti layaknya awan di langit. Cara untuk memperkuatnya adalah dengan mengklik menu Filter | Render | Different clouds. 

Setelah Anda lakukan, maka bentuk awan merah in imenjadi lebih kuat dan kacau. Berikanlah efek Different cloud ini berulang-ulang agar Anda mendapatkan sebentuk awan yang padat dan realistik. Jumlah pengulangannya terserah sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Cara Membuat Efek Awan Pada Foto Berlangit Besar Di Adobe Photoshop

4. Buang Quick Mask

Setelah Anda puas bermain dengan efek Different cloud dan sudah mendapatkan bentuk awan yang diinginkan, langkah berikutnya adalah menghilangkan lapisan Quick Mask yang ada di foto Anda ini. Cara emnghilangkanny adalah dengan mengklik tombol Edit in standard mode yang ada di toolbar sebelah kanan bagian bawah, tepat berada di sebelah icon Quick Mask.

Atau jika ingin cepat Anda cukup dapat menekan tombol Q, maka lapisan Quick Mask akan lenyap. Setelah lenyap, maka akan tampak sebuah area seleksi yang sangat banyak berbentuk menyerupai awan-awan yang Anda buat tadi.

5. Buat Layer Baru Berawannya

Setelah area seleksi berbentuk awan Anda dapatkan, berikutnya buatlah sebuah layer baru. Caranya kliklah menu Layer | New Layer..., maka sesaat kemudian Anda akan mendapatkan layer baru di atas foto Anda.

Kliklah thumbnail layer baru tersebut, kemdian isilah layer ini dengan warna putih. Caranya, kliklah menu Edit | Fill... Setelah itu, atur warna foreground menjadi warna putih. Setelah selesai, bawa kursor ke area foto Anda dan klikkan satu kali, maka Anda akan mendapatkan seluruh layer baru tersebut berwarna putih.

Namun karena ada area seleksi berbentuk awan, maka warna putih tadi akan membentuk awan-awan yang cukup realistik.

6. Atur Posisi Layer Berawan

Setelah selesai dengan awan, Anda akan mendapatkan seluruh area foto dilapisi awan. Langkah selanjutnya adalah mengatur posisinya agar tepat berada di langit. Pertama-tama hilangkan area seleksi dengan menekan tombol CTRL+D. 

Selanjutnya kliklah menu Edit | Free transform. Aturlah ukuran dan layer awan ini agar bentuknya tepat berada di langit biru pada foto. Geser dan perkecillah lapisan awan ini hingga muat pada langitnya. Setelah selesai tekan tombol Enter, maka awan Anda telah berada di langit yang seharusnya.

Cara Membuat Efek Awan Pada Foto Berlangit Besar Di Adobe Photoshop

7. Sentuhan Terakhir

Sampai di sini Anda sudah bias melihat langit yang lebih berawan daripada sebelumnya. Namun jika dilihat teliti, akan tampak area-area yang seharusnya tidak boleh tertutup awan tetapi masih diselimuti oleh awan.

Hapuslah awan-awan sisa ini dengan menggunakan Eraser tool yang ada pada toolbar sebelah kanan. Hapus area-area tersebut dengan teliti hingga awannya hilang. Setelah selesai, maka foto Anda kini tidak lagi didominasi oleh warna biru langit yang terang.

Objek utama Anda akan lebih menonjol dan sekaligus langit Anda menjadi lebih artistik.

Sahabat MKS. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara membuat efek awan pada foto berlangit besar di Adobe Photoshop. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai ketemu lagi di postingan berikutnya.

Baca Juga :  

Cara Membuat Efek Awan Pada Foto Berlangit Besar Di Adobe Photoshop

1 komentar untuk "Cara Membuat Efek Awan Pada Foto Berlangit Besar Di Adobe Photoshop"